cover
Contact Name
Ventje Jeremias Lewi Engel
Contact Email
ventje@ithb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dina_angela@ithb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Telematika
ISSN : 18582516     EISSN : 25793772     DOI : -
Jurnal Telematika is a scientific periodical written in Indonesian language published by Institut Teknologi Harapan Bangsa twice per year. Jurnal Telematika publishes scientific papers from researchers, academics, activist, and practicioners, which are results from scientific study and research in the field of telematics and information technology.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2015)" : 7 Documents clear
Perancangan Kampanye Etika Komunikasi pada Media Sosial Egi Anwari; Fedora Devona Diogitta Koerniawan
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia sebagai mahluk sosial. Sejak ditemukannya media sosial, komunikasi mulai dilakukan secara bebas dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Di satu sisi, media sosial membantu menghubungkan manusia dengan manusia lainnya tanpa dibatasi jarak dan waktu, namun di lain sisi, komunikasi di dalam media sosial cenderung memperbesar resiko terjadinya kesalahan komunikasi khususnya pada remaja di Indonesia yang memiliki 72 juta pengguna aktif media sosial. Kini, media sosial seakan-akan menjadi kebutuhan primer dan bukan sebagai alat pendukung kebutuhan lagi. Tujuan media sosial yang sebelumnya digunakan untuk bersosialisasi dengan sesama, justru saat ini banyak menghasilkan generasi antisosial dan antipati terhadap sesamanya. Oleh sebab itu, kaum remaja perlu diingatkan mengenai pentingnya mempraktekkan etika berkomunikasi dalam media sosial supaya menghasilkan generasi yang lebih santun dan peduli terhadap sesama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah perancangan kampanye. Diharapkan melalui penelitian ini, remaja dapat menggunakan media sosial dengan etika yang baik sehingga menghasilkan dampak positif bagi generasi muda.Communication process is a crucial need for human as a social beings. Since the invention of social media, communication started to be applied freely, not being limited by time and places. Social media helps connecting people, but in other side,  communication process in social media tend to increase miscommunication risks, especially for Indonesian’s teenagers as part of our 72 million active social media users. Nowadays, people seem to perceive social media as a primary needs and not as a complementary needs anymore.Previously, social media has purpose to socialize each other, but present, it has shifted a lot, creating an antisocial and antipathetic generation. Therefore, the teenagers need to be reminded about the importance to value the communication ethics in social media to produce a more respectful generation. One of the solution is to create a social campaign. With this study and research, hopefully the teenagers generation could apply the proper ethical communication in social media to give a positive impact for the young generations to come.
Informasi Potensi Sumber Daya Alam Kabupaten Lampung Selatan Donnie Wijaksana; Karin Matsuda
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi potensi sumber daya alam yang terdapat di setiap daerah menjadi penting bagi masyarakat dikarenakan dengan informasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui sumber daya yang terdapat di daerah tersebut. Masyarakat seringkali tidak mengetahui potensi apa, atau bahkan tidak mengetahui letak daerah tersebut. Informasi potensi sumber daya ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengetahui potensi yang ada, letak maupun akses dalam berbagai media informasi baik digital ataupun konvensional.Potential natural resources information found in each region are important for the development of community, with such information public can harness the resources scaterred in their area. People are often unaware by potential value of natural resources, even the exact location of those resources. Potential natural resources information created to facilitate the public knowledge of the location and accessibility in a variety of digital or conventional media.
Sistem Interactive Voice Response (IVR) pada Call Center Divisi Marketing Institut Teknologi Harapan Bangsa Ruth Echo; Herry Sitepu; Sinung Suakanto
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Duta ITHB merupakan mahasiswa yang secara sukarela membantu staf Divisi Marketing. Para duta mengalami kesulitan ketika menerima telepon dari calon mahasiswa yang menanyakan tentang informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di ITHB. Duta harus selalu update mengenai product knowledge ITHB. Namun, hal tersebut terkendala oleh pelatihan yang kurang intensif karena terbatasnya waktu. Product knowledge para duta pun menjadi kurang lengkap sehingga terkadang pelayanan kepada penelepon kurang maksimal dan efisien. Pelayanan yang kurang maksimal dan pemberian informasi yang kurang lengkap menyebabkan calon pendaftar mengurungkan niat untuk mendaftar di ITHB. Berdasarkan masalah tersebut, sistem IVR (Interactive Voice Response) pada call center Divisi Marketing ITHB akan dikembangkan pada Tugas Akhir ini. Dengan IVR, call center dapat mengarahkan penelepon dalam pencarian informasi yang dibutuhkan melalui petunjuk suara. Sistem IVR ini dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak Asterisk sebagai softswitch. Dengan adanya sistem IVR pada call center ini, duta dan staf Divisi Marketing dapat melayani calon pendaftar melalui telepon dengan lebih maksimal. Staf Divisi Marketing juga bisa lebih fokus mengerjakan tugasnya tanpa perlu kelelahan menjawab pertanyaan yang berulang, baik dari penelepon maupun duta.ITHB ambassadors are students who volunteer to help the Marketing Division staffs. Those ambassadors have trouble when receiving a call from prospective students who inquire about New Student Admission (PMB) information in ITHB. The ambassadors must always update on ITHB product knowledge. However, it is constrained by the lack of intensive training due to limited time. Product knowledge of the ambassadors become less complete so that sometimes the service given to callers is less maximum and efficient. The less maximum service and incomplete information provided cause prospective applicants get discouraged to enroll in ITHB. Based on these problems, the Interactive Voice Response (IVR) system in the call center of ITHB Marketing Division will be developed in this thesis. Call centers can direct callers to search the required information via voice prompts with IVR. The IVR system is developed using Asterisk as a softswitch. The ambassadors and Marketing Division staffs can serve prospective applicants more maximum through this IVR system in the call center. Moreover, Marketing Division staffs can be more focus in doing their work without feeling exhausted due to the repeated questions from callers and ambassadors.
Perancangan Sistem Rekomendasi untuk Menentukan Supplier Bahan Baku Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus: PT XYZ) Yosi Yonata; Cut Fiarni; Budiyanty Soefian
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis plastik dengan kebutuhan kapasitas bahan baku kurang lebih 4 sampai 6 ton setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan yang besar tersebut, manager pembelian membutuhkan suplai bahan baku lebih dari satu supplier, di mana saat ini, dalam mencari dan menentukan supplier bahan baku, perusahaan hanya bergantung kepada manager pembelian. Keputusan pemilihan supplier tersebut berdasarkan ingatan manager pembelian saja dan kriteria yang digunakan belum distandarisasi (dapat berubah-ubah). Melihat masalah tersebut, dapat dilihat bahwa ketersediaan informasi yang tepat memegang peranan penting untuk kelancaran produksi dari PT XYZ. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah sebuah sistem rekomendasi dengan menggunakan metode TOPSIS yang mampu membantu manager pembelian dalam memberikan urutan list (ranking)supplier terbaik berupa prioritas terhadap solusi ideal dengan pemberian bobot yang dinamis dari skala 1 (prioritas terendah) sampai 5 (prioritas tertinggi) dari enam kriteria pemilihan supplier yang disesuaikan dengan kebutuhan PT XYZ. Berdasarkan hasil pengujian sistem rekomendasi menggunakan metode TOPSIS, manager pembelian dapat memperoleh hasil rekomendasi supplier dari supplier terbaik sampai supplier terburuk, dapat menentukan dan mengatur tingkat kepentingan dari enam kriteria pemilihan supplier beserta kapasitas bahan baku yang dibutuhkan oleh PT XYZ.PT XYZ is a company that manufactures various types of plastic with a large capacity of raw materials for about 4 until 6 tons each day. To complete their daily needs, purchasing manager needs more than one supplier. Now, in order to find and decide raw material suppliers, the company relies only on purchasing manager. Choice of the supplier is based on purchasing manager's memory and those criterias have not standarized by the company. Based on these problem, we can conclude that information plays an important role for PT XYZ. To overcome these problems, PT XYZ made a recommendation system using TOPSIS method that will help purchasing manager to list the recommended supplier based on the priority of the ideal solution with scored with scale 1 for lowest priority until 5 for the highest priority. It is based on the criterias met by PT XYZ. Based on the test result using TOPSIS method, purchasing managers can obtain the recommendation of the best suppliers until the less recommended suppliers along with the raw material capacity that needed by PT XYZ.
Penggunaan Named Entity Recognition dan Artificial Intelligence Markup Language untuk Penerapan Chatbot Berbasis Teks David Christianto; Elisafina Siswanto; Ria Chaniago
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi chatbot dapat digunakan untuk membantu memberikan kebutuhan informasi pada sistem layanan operator service. Sistem chatbot yang digunakan adalah sistem chatbot yang berbasiskan pada teks. Pada penelitian ini, chatbot dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi di ITHB dengan menggunakan Named Entity Recognition (NER) dan Artificial Intelligence Markup Language (AIML). NER digunakan untuk membantu  mengenali pola (kata kunci) kalimat dari bahasa sehari-hari manusia (Natural Language Processing). AIML digunakan untuk memberikan jawaban yang relevan dan sesuai  dengan pola (kata kunci) kalimat yang telah ditemukan di dalam bahasa manusia.  Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan beberapa optimasi seperti optimasi pada proses perhitungan Naïve Bayes pada NER, proses spelling correction, dan proses pattern matching yang terbukti dapat mempercepat dan meningkatkan akurasi sistem chatbot dalam proses pencarian jawaban. Berdasarkan hasil pengujian, sistem chatbot ini dapat mengenali pola kalimat bahasa manusia dengan akurasi (NER) hingga 97% dan sistem dapat memberikan jawaban yang tepat dengan akurasi hingga 90% berdasarkan pola yang telah ditemukan tersebut.In operator service system area, information is an essential needs for every individuals. Chatbot application can be used to support the fulfilment of information in operation service system. Chatbot system that will be implemented is a text-based chatbot system. In this paper, chatbot was made in order to fulfil the information needs in ITHB by using Named Entity Recognition (NER) and Artificial Intelligence Markup Language (AIML). NER is used to recognize the sentence pattern (keyword) in human natural language (Natural Language Processing). AIML is used to process relevant responses based on the keyword patterns found in human natural language which then will be transformed into data which can be processed and understood by system. This research also covers several  optimizations, such as Naïve Bayes calculation optimization in NER, spelling correction optimization, and pattern matching optimization that has been proven to hasten and increase chatbot system’s accuracy in finding answers as response. Based on the empirical examination, this chatbot system can recognize human sentence pattern (NER process) with accuracy of 97% and system can provide suitable response with accuracy of 90% based on the recognized patterns from NER process.
Usulan Rute dan Jadwal Penyiraman Taman Sektor Dua dan Sektor Empat Kota Bandung Sonna Kristina; Yohanes Ivan
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk taman di sektor dua dan empat yang ada di Kota Bandung. Rute dan jadwal dibuat untuk melakukan penyiraman taman di sektor tersebut. Dimana, selama ini Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung belum membentuk rute dan jadwal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah taman di sektor dua dan empat, jarak antar taman, luas taman, jumlah dan kapasitas truk tangki, biaya operasional dan biaya penggunaan pihak ketiga. Metode yang  digunakan adalah spanning tree dengan algoritma Kruskall yang sedikit dimodifikasi, karena adanya batasan dari kapasitas truk tangki. Dari hasil penelitian didapatkan taman di sektor dua dapat disiram setiap dua hari sekali dengan jumlah rute sebanyak sepuluh rute, yang dibagi menjadi lima untuk pagi hari dan lima untuk sore hari.  Sedangkan taman di sektor empat disiram setiap tiga hari sekali dengan jumlah rute sebanyak dua belas rute, yang dibagi menjadi enam di pagi hari dan enam di sore hari. Perbandingan biaya dengan pihak ketiga didapatkan selisih Rp92.402.520,00 untuk di sektor dua per bulannya, sedangkan di sektor empat per bulannya didapatkan selisih Rp89.244.740,00.The purpose of this research is to get route and shedule for watering park. Routes and schedule. The data used in this research is the number of parks in sectors two and four, the distance between parks, area of the parks, the number and capacity of trucks,  operating costs and the cost of third party use. In this research, watering route is built by spanning tree method with Kruskall algorithm. Based on the research, it is determined that there are ten routes for sector two and twelve routes for sector four. Then, parks in sector two would be watered every two days and for sector four parks would be watered every three days. Then, costs between Diskamtam and third party for sector two per  month is Rp92.402.520,00. Then, for sector four the difference is Rp89.244.740,00.
Penentuan Jadwal Pemeliharaan Pencegahan dan Perhitungan Kebutuhan Komponen Kritis pada Mesin Tuber 645M dan Bottomer 713B-2 untuk Menunjang Availability Mesin (Studi Kasus: PT IKSG) Eka Kurnia Asih; Kornelius Ade; Joshua Gary; Ari Setiawan
Jurnal Telematika Vol 10, No 2 (2015)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jadwal pemeliharaan pencegahan dan penentuan jumlah komponen yang diperlukan untuk kegiatan pemeliharaan pencegahan bagi mesin Tuber 645M dan Bottomer 713B-2. Kedua mesin ini merupakan mesin kritis bagi sistem produksi di PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG). Sebelumnya, pemeliharaan terhadap kedua mesin ini dilakukan secara korektif saja. Akibatnya proses produksi sering terhenti secara mendadak dan mendatangkan berbagai kerugian. Lamanya penghentian produksi dapat bertambah jika komponen yang dibutuhkan untuk pemeliharaan tidak tersedia. Penentuan jadwal pemeliharaan dan penentuan jumlah komponen dilakukan dengan pendekatan statistik, yaitu identifikasi pola distribusi kerusakan dan perhitungan rataan waktu antar kerusakan dari berbagai jenis kerusakan pada kedua mesin. Jadwal ditentukan sedemikian rupa sehingga ketersediaan mesin meningkat.This research aims to create preventive maintenance (PM) schedule for two critical machines (Tuber 645M and Bottomer 713B-2) at PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG), along with the calculation of critical component stock needed to conduct the PM activities. Current maintenance practices are based only on corrective attempt; this practice caused production loss due to random stoppage of production process. To conduct PM, critical components are needed. The absence of these components can lengthen the production stoppage therefore increase production loss. We used statistical approach to identify the machine failure pattern and the corresponding mean time to failure. Maintenance schedule is designed to increase machine availability.

Page 1 of 1 | Total Record : 7